Mesin Bubut CNC

<a href="http://trendmesin.blogspot.com/2016/05/mesin-bubut-cnc.html">Mesin Bubut CNC</a>

trendmesin. Mesin bubut CNC (Computer Numerical Control)  adalah sebuah mesin bubut yang dapat bekerja secara otomatis tanpa keterlibatan ketrampilan tangan manusia dalam pengoperasiannya.  Mesin bubut ini dikontrol secara penuh oleh sebuah chip komputer berdasarkan perintah yang di berikan oleh operator berdasarkan angka-angka yang telah di seting dalam sebuah program.  Beberapa kelebihan yang tidak di miliki mesin bubut manual terbukti dimiliki pada mesin bubut CNC.
Mesin Bubut CNC

Sejak diciptakan pada tahun 1940-an mesin CNC (Computer Numerical Control)  saat ini telah menjadi mesin pekerja canggih dalam industri manufaktur modern sekarang ini. Karena terbukti mampu mempermudah dan mempercepat proses pekerjaan, mesin bubut CNC telah mampu pula menghasilkan benda kerja yang lebih presisi dan akurat.

Mesin bubut CNC merupakan mesin yang mampu memutar benda kerja untuk melakukan berbagai proses operasi seperti pengeboran, pemotongan atau pengamplasan. Sistem CNC ( Computer Numerical Control ) sendiri adalah perpaduan antara servo motor dan mekanis yang menggantikan sistem analog menjadi sistem komputer digital.

Beberapa bagian mesin CNC antara lain yaitu:
1. Program

2. Control Unit/ Processor

3. Motor listrik servo untuk menggerakan pahat

4. Motor listrik untuk memutar pahat

5. Pahat

6. Monitor / LCD

7. Tombol operasional seperti : Automatic,edit,exe,manual,

8. Tombol Saklar On, Off, Emergency, Stop,Feeding, lubrication, tollturretmrestmcycle, start, dan feedhold
9. Dan lain-lain

Mesin bubut CNC memang di peruntukan bagi mereka yang bergerak di bidang industri manufaktur perangkat keras, oleh karena itu mesin bubut CNC ini di bandrol dengan harga yang sangat mahal di pasaran. Gambarannya yaitu anda harus menyiapkan antara 200 – 300 juta untuk sebuah mesin CNC dengan spesifikasi dan mode yang standar saja, belum termasuk parts atau pelengkap lain yang Anda butuhkan.

Meskipun harga mesin bubut CNC lebih mahal dibanding mesin bubut manual, namun mesin bubut CNC memiliki beberapa kelebihan-kelebihan, seperti pemrograman dan pengoperasian yang lebih mudah, volume produksi yang lebih besar, pengerjaan pengukuran dan pemotongan lebih akurat meski pada tingkat kerumitan yang tinggi, tingkat presisi yang tinggi, waktu pengerjaan lebih hemat dan sistem operasi yang bisa berulang-ulang dan terstruktur.

Jadi jika Anda ingin menghasilkan produk yang terbaik dengan produktifitas yang terbaik pula baik dari segi efesiensi waktu serta biaya yang dibutuhkan, maka mesin bubut CNC adalah pilihan terbaik untuk perusahaan manufaktur Anda.

Namun untuk membeli mesin bubut CNC baru Anda harus melihat berbagai fitur secara keseluruhan seperti kecepatan spindle, kecepatan gerak maksimum alat potong dan kecepatan motor. Tidak lupa perhatikan juga spesifikasi pahat bubut, spesifikasi control system, kebutuhan enegi listrik, diameter maksimum benda kerja serta ada tidaknya training untuk operator.
Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
Anonim

Berbagi sedikit informasi tentang mesin-mesin dan alat-alat pendukung wirausaha. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
Copyright © 2013-2017. trendmesin - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger