Mesin Pengrajang Singkong

<a href="http://www.trendmesin.com/2017/09/mesin-pengrajang-singkong.html">Mesin Pengrajang Singkong</a>

trendmesin.Mesin pengrajang singkong merupakan mesin yang digunakan untuk membantu proses pembuatan keripik dari bahan baku singkong, talas, kentang, ubi jalar, dan sejenisnya. Proses pembuatan keripik yang dibantu dengan menggunakan mesin pengrajang ini sangat menguntungkan. Selain itu bisa menghemat waktu dan hasil keripik yang didapat memiliki mutu atau kualitas yang bagus.

Penjelasan Singkat Tentang Mesin Pengrajang Singkong
Spesifikasi Mesin

Mesin pengrajang singkong terdiri dari beberapa komponen sederhana yang mudah digunakan dan memudahkan Anda untuk merawat mesin ini. Material yang digunakan untuk membuat mesin yaitu material yang memiliki kualitas tinggi dan sesuai dengan fungsi mesin. Sehingga mesin pengrajang bisa bekerja dengan baik dan tahan lama serta memiliki nilai tambah yang tinggi bagi pengguna mesin ini.

Material yang digunakan oleh mesin pengrajang singkong diantaranya yaitu plat besi, plat dan as stainless steel, motor listrik, rangka besi, dan transmisi. Material stainless steel digunakan untuk bagian-bagian mesin pengrajang yang bersentuhan langsung dengan bahan baku makanan seperti singkong, talas, dan sejenisnya.

Sedangkan material besi digunakan pada bagian mesin yang tidak bersentuhan langsung dengan bahan baku makanan. Untuk jenis material motor listrik digunakan untuk menggerakkan unit pisau perajang saat mesin sedang bekerja. Sedangkan bahan material transmisi yang berupa pulley dan sabuk karet berfungsi untuk memindahkan tenaga dari motor listrik ke pisau pengrajang.

Cara Mengoperasikan Mesin

Sangat penting bagi Anda yang mempunyai usaha keripik singkong dan sejenisnya untuk memahami dan mengetahui bagaimana cara mengoperasikan mesin pengrajang. Hal ini dikarenakan untuk menghindari terjadinya kerusakan yang fatal pada mesin akibat kesalahan prosedur saat mengoperasikan mesin. Selain itu juga menjaga mesin pengrajang agar bekerja secara optimal

Ada beberapa cara yang harus diperhatikan saat mengoperasikan mesin, diantaranya yaitu pastikan listrik terhubung dengan baik sebelum menghidupkan mesin pengrajang singkong, kemudiam colokkan listrik pada sambungan yang tersedia, tekan tombol ON yang ada pada panel mesin pengrajang. Setelah itu baru Anda masukkan bahan baku yang akan dirajang pada wadah atau corong mesin.

Langkah selanjutnya yaitu masukkan alat penekan bahan baku untuk memaksimalkan hasil rajangan yang akan dijadikan keripik. Kemudian siapkan wadah penampung hasil rajangan seperti ember atau baki, dan diletakkan dibawah corong pengeluaran yang ada pada mesin. Hal ini digunakan untuk memudahkan pengambilan hasil rajangan dari mesin pengrajang singkong atau bisa disebut slicer.


Kelebihan Mesin

Kelebihan dari mesin pengrajang singkong diantaranya yaitu mesin bisa menghasilkan hasil rajangan yang lurus bisa juga bergelombang. Untuk menghasilkan rajangan yang lurus atau bergelombang Anda cukup mengganti pisau gelomang atau pisau lurus yang terbuat dari stainless steel.

Menggunakan material dari stainless steel bisa meningkatkan produktivitas tinggi bagi bahan baku singkong, talas, kentang, atau sejenisnya. Jadi pembuatan keripik yang dibantu dengan mesin pengrajang ini akan memperoleh keuntungan yang maksimal. Demikian ulasan mengenai mesin pengrajang singkong, semoga bermanfaat.
Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
Anonim

Berbagi sedikit informasi tentang mesin-mesin dan alat-alat pendukung wirausaha. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Copyright © 2013-2017. trendmesin - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger