Komponen dan Prinsip Kerja Mesin Pendingin

<br /> <a href="http://trendmesin.blogspot.co.id/2014/02/mesin-pendingin.html">Mesin Pendingin</a>

trendmesin. Mesin pendingin adalah suatu rangkaian yang mampu bekerja untuk menghasilkan suhu atau temperatur dingin. Mesin pendingin bisa berupa kulkas atau AC. Berikut ini komponen dan prinsip kerja mesin pendingin.
Mesin Pendingin

1. Bahan Pendingin (Refrigerant)
Refrigerant adalah salah satu zat pendingin yang mudah diubah wujudnya dari gas menjadi cair.
2. Kompresor

Dalam sistem mesin pendingin, kompresor merupakan unit tenaga. Fungsi kompresor adalah memompa bahan pendingin keseluruh bagian kulkas dan menghisap gas yang bertekanan rendah. Jadi kompresor memiliki 3 fungsi yaitu sebagai fungsi penghisap, fungsi penekanan dan fungsi pemompaan.
3. Kondensor
Fungsi kondensor adalah sebagai alat penukaran kalor, menurunkan temperatur refrigran dari bentuk gas menjadi cair. Kondensor di dalam sistem AC merupakan alat yang digunakan untuk merubah gas refrigrant bertekanan tinggi menjadi cairan.
4. Filter (Receiver Dryer)

Receiver drier merupakan tabung yang berisikan fiber dandesiccant (bahan pengering) yang digunakan untuk menyaring benda-benda asing dan uap air dari sirkulasi refrigerant untuk disimpan. Fungsi Filter/ Reciever drier antara lain adalah untuk menyimpan refrigerant, menyaring benda-benda asing dan uap air dengan desiccant dan filter agar tidak bersirkulasi pada sistem mesin pendingin, dan memisahkan gelembung gas dengan cairan refrigrant sebelum dimasukkan ke katup ekspans.
5. Pipa Kapiler
Pipa kapiler berfungsi untuk menurunkan tekanan cairan bahan pendingin sebelum masuk ke evaporator.
6. Evaporator
Evaporator harus menyerap panas dalam melakukan fungsinya yaitu merubah kembali zat pendingin cair dari receiver drier dan kondensor menjadi gas
7. Accumulator
Selain sebagai penampung sementara refrigeran cair bertemperatur rendah dan campuran minyak pelumas evaporator, accumulator juga berfungsi mengatur sirkulasi aliran bahan refrigeran agar bisa keluar masuk melalui saluran yang terdapat di bagian atas accumulator menuju ke saluran isap kompresor.
8. Thermostat
Thermostat berfungsi untuk mencegah terjadinya pembekuan/ frosting yang terjadi pada fin evaporator akibat menurunya aliran udara serta kapasitas pendinginan jika suhu pengabutan refrigrant menurun dibawah 0°C. Thermostat ini juga dipasangkan agar temperatur ruang dalam kendaraan dapat disetel sesuai dengan suhu yang diinginkan,
9. Katup Ekspansi
Katub ekspansi dipasang pada saluran masuk evaporator untuk menjaga agar penyerapan panas dan perubahan bentuk zat pendingin dari cair menjadi gas akan berlangsung dengan sempurna sebelum keluar evaporator.
10. Fan Motor

Fan motor disebut juga kipas angin yang berguna untuk menghembuskan angin. Dua jenis fan yang ada mesin pendingin kulkas adalah fan motor evaporator dan fan motor kondensor.
11. Defrost Heater
Selain dapat mencegah terjadinya penimbunan bunga es pada bagian rak es dan rak penyimpan buah, pemanas berfungsi untuk mencairkan bunga es yang terdapat di evaporator. Defrost heater berfungsi untuk menghancurkan salju yang ada dalam mesin pendingin kulkas.

Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
Anonim

Berbagi sedikit informasi tentang mesin-mesin dan alat-alat pendukung wirausaha. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
Copyright © 2013-2017. trendmesin - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger