Kelebihan dan Kekurangan Antara Mesin Jahit Komputer (Digital) dan Mesin Jahit Listrik (Elektrik)

<a href="http://trendmesin.blogspot.com/2016/05/Kelebihan-Kekurangan-Mesin-Jahit-Komputer-Listrik.html">kelebihan mesin jahit komputer elektrik listrik</a>

trendmesin - Mesin jahit komputer memiliki kelebihan dan kekurangan dibanding mesin jahit elektrik seperti kemampuan menjahit berbagai jenis jahitan, keindahan hasil jahitan, kecepatan tenaga penggerak maupun harga mesin jahit itu sendiri. Begitu pula sebaliknya mesin jahit listrik pun memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan antara mesin jahit komputer (digital) dan mesin jahit elektrik (listrik).

kelebihan mesin jahit komputer elektrik listrik

Mesin jahit adalah mesin atau alat untuk membantu manusia dalam membuat pakaian, celana, jilbab, jas dan lainnya. Mesin jahit membantu kita dalam menjahit pakaian dan lainnya sehingga pekerjaan menjahit menjadi lebih cepat, lebih halus dan lebih rapi dibandingkan jika kita menjahit dengan menggunakan tangan.

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan antara mesin jahit listrik dan mesin jahit komputer kita perlu mengetahui beberapa macam mesin jahit yang terbagi dalam 3 macam jenis mesin jahit yaitu mesin jahit manual, mesin jahit elektrik atau listrik dan mesin jahit komputer atau digital.

Mesin jahit manual merupakan mesin jahit yang paling awal dipakai oleh para penjahit. Mesin jahit ini telah mengalami beberapa perkembangan dari awalnya hanya mampu menjahit jahitan rantai, jahitan kunci dengan menjahit dengan dua benang sejajar hingga mampu membuat jahitan zigzag dan jahitan dekoratif.

Mesin jahit listrik atau elektrik merupakan mesin jahit yang sudah modern yang sudah menggunakan motor dengan tenaga listrik sebagai penggeraknya. Push dan pull sudah todak perlu dilakukan lagi saat menggunakan mesin jahit listrik ini. Mesin jahit listrik merupakan salah satu mesin jahit favorit yang paling banyak digunakan oleh para penjahit dirumah maupun pada home industri.

Mesin jahit komputer adalah mesin jahit yang paling canggih saat ini yang bekerja secara otomatis. Mesin jahit ini menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya namun mesin jahit komputer memiliki mikroprosesor yang mampu untuk membuat pola, baik itu berupa jahitan bordir maupun dekorasi.

Dari semua jenis mesin jahit yang ada, mesin jahit listrik termasuk yang paling diminati oleh kalangan penjahit maupun home industry saat ini karena mudah digunakan dan tidak ribet dalam pengoperasiannya.

Beberapa kelebihan mesin jahit listrik (elektrik) diantaranya yaitu :

1. Harganya lebih murah.
2. Memerlukan waktu pelatihan/ training yang lebih sedikit.
3. Harga dinamo lebih murah.

kelebihan mesin jahit komputer elektrik listrik

Beberapa kekurangan mesin jahit listrik (elektrik) diantaranya yaitu :

1. Memiliki jumlah jenis jahitan yang terbatas.
2. Bentuk dan jenis jahitan sederhana dan monoton.
3. Fitur dan kemampuan terbatas.

Meskipun lebih rumit dalam pengoperasiannya namun mesin jahit komputer merupakan mesin jahit yang paling canggih saat ini dan bekerja secara otomatis sesuai dengan pola yang telah dibuat di komputer dan akan berhenti secara otomatis bila terjadi pergantian warna.

Beberapa kelebihan mesin jahit komputer (digital) diantaranya yaitu :

1. Memiliki jumlah jenis jahitan yang lebih banyak.
2. Memiliki bentuk jenis jahitan yanga lebih bagus dan lebih indah.
3. Memiliki putaran pada dinamo yang lebih halus dengan kecepatan putarannya yang lebih mudah dikontrol.
4. Memiliki fitur yang lebih banyak serta kemampuan menjahit yang canggih seperti memiliki proteksi/ pengaman saat menggunakan jarum ganda, menggunakan lampu penerangan berupa LED yang lebih awet dan hemat listrik, dapat mensetting posisi jarum saat mesin berhenti apakah ingin posisi jarum berada di bawah kain (menusuk kain) atau posisi jarum di atas kain  dan lain - lain.
5. Memiliki memori yang dapat menyimpan settingan mesin jahit serta menyimpan pola jahitan.
6. Memiliki berat yang ringan sehingga bisa dipindah – pindah.

kelebihan mesin jahit komputer elektrik listrik

Beberapa kekurangan mesin jahit komputer (digital) diantaranya yaitu :

1. Harga mesin jahit lebih mahal.
2. Memerlukan waktu pelatihan/ training yang lebih banyak.
3. Harga dinamo lebih mahal.


Demikian sedikit ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan antara mesin jahit komputer/ digital dan mesin jahit elektrik/ listrik, semoga bermanfaat..

Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
Anonim

Berbagi sedikit informasi tentang mesin-mesin dan alat-alat pendukung wirausaha. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
Copyright © 2013-2017. trendmesin - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger