Macam Jenis Mesin Pemecah Batu "Stone Crusher" dan Fungsinya

<br /> <a href="http://trendmesin.blogspot.co.id/2014/05/stone-crusher-mesin-pemecah-batu.html">Mesin Pemecah Batu Stone Crusher</a>

trendmesin. Mesin pemecah batu atau "stone crusher machine" secara umum mempunyai pengertian yaitu mesin untuk memecah/ menghancurkan bongkahan-bongkahan batu besar menjadi batu-batuan kecil/ sesuai ukuran yang dikehendaki. Dari segi cara kerjanya mesin stone crusher terbagi menjadi beberapa jenis/ type crusher sesuai dengan karakteristik material yang akan dihancurkan maupun ukuran produk yang akan dihasilkan. Berikut ini macam jenis mesin stone crusher.

Mesin stone crusher atau mesin penghancur batu banyak dimanfaatkan dalam dunia pertambangan maupun industri. Dalam operasionalnya mesin-mesin crusher memiliki peran sendiri-sendiri dalam menghasilkan ukuran-ukuran atau spesifikasi material yang diinginkan. Ada yang menghancurkan, menggiling bahkan menghaluskan berbagai macam batu-batuan/ material lainnya sesuai karakteristik material tersebut maupun hasil yang dibutuhkan.
stone crusher mesin pemecah batu

Berikut ini sedikit informasi beberapa macam jenis mesin stone crusher dan fungsi/ kegunaannya :

  1. Mesin Jaw Crusher

  2. Mesin Jaw Crusher merupakan jenis crusher yang paling umum dan paling utama digunakan dalam dunia pertambangan. Mesin ini mampu menekan dan menghancurkan jenis batu-batuan yang keras seperti batu pegunungan, batu kali, batu besi, batu mineral, batu mangan dan sebagainya. Kinerja mesin jaw crusher ini sangat ditentukan oleh faktor kekuatan shaft dan ukuran fly wheel-nya. Dalam operasionalnya mesin ini harus didukung oleh peralatan-peralatan lainnya.
  3. Mesin Impact Crusher

  4. Mesin Impact Crusher merupakan jenis mesin crusher dengan menggunakan sistem pukul rotary. Dengan kecepatan rpm-nya yang sangat tinggi mesin ini mampu menghancurkan batu gunung dan batu kali sehingga menghasilkan batu-batu dengan ukuran yang relatif kecil, bervariasi dan homogen. Abu batu maupun jagungan yang merupakan bahan baku asphalt kering dan paving block adalah produk-produk yang dihasilkan oleh mesin impact crusher ini. Mesin ini juga harus didukung ole peralatan-peralatan lain dalam operasionalnya.
  5. Mesin Roll Crusher

  6. Mesin Roll Crusheradalah jenis mesin crusher yang menggunakan sistem gilas rotary. Dengan sistem yang sama dengan impact crusher namun dengan kecepatan rpm yang lebih rendah yaitu sekitar 300 rpm mesin ini mampu menghasilkan kapasitas produksi yang jauh lebih besar. Dalam dunia pertambangan mesin roll crusher ini digunakan untuk menghancurkan batu-batuan dengan tingkat kekerasan dan keuletan yang relatif lebih rendah seperti batu tembaga, batu kapur, batu bara, bahan semen dan sebagainya. Namun dalam operasionalnya mesin ini harus disesuaikan antara kualitas/ jenis material gigi gilasnya, ukuran shaft dan fly wheel-nya dengan raw material dan jumlah/ target produk yang akan dihasilkan. Mesin ini juga harus didukung dengan peralatan-peralatan lainnya dalam operasionalnya.
  7. Mesin Hammer Mill

  8. Mesin Hammer Mill menggunakan sistem yang sama dengan impact crusher yaitu sistem pukul rotary dengan kecepatan rpm yang tinggi. Namun mesin ini digunakan untuk menghasilkan produk dengan tingkat kehalusan hingga 80 - 100 mesh seperti pasir halus, tepung kapur, mineral ore, konsentrat mineral, seollite, dolomite dan sebagainya.
  9. Mesin Cone Crusher

  10. Mesin Cone Crusher merupakan jenis crusher yang customize dan cukup spesial. Mesin ini menggunakan sistem vertical rotary dengan kecepatan yang cukup sedang yaitu sekitar 500 rpm. Mesin cone crusher ini merupakan mesin kedua atau mesin lanjutan yang digunakan untuk menghancurkan pecahan batu yang berukuran sekitar 5 - 10 cm untuk menghasilkan ukuran-ukuran yang lebih kecil lagi sesuai yang diinginkan seperti bentuk cubical (kubik/ kotak). Batu pecah sebagai bahan material jalan raya adalah salah satu produk yang dihasilkan oleh mesin ini. Dalam operasionalnya mesin ini juga harus didukung oleh peralatan-peralatan lainnya.
  11. Hammer Roller Mill

  12. Hammer Roller Mill merupakan mesin crusher dengan sistem kerja yang sama dengan mesin hammer mill. Dengan kemampuannya dalam membuat konsentrat dari batu mineral dengan tingkat kekerasan yang tinggi seperti emas, tembaga dan sebagainya, mesin hammer roller mill ini dapat menghasilkan produk dengan tingkat kehalusan yang tinngi hingga 200 - 300 mesh.

Demikian beberapa macam jenis mesin stone crusher beserta fungsi/ kegunaannya, semoga bermanfaat..

Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
Anonim

Berbagi sedikit informasi tentang mesin-mesin dan alat-alat pendukung wirausaha. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
Copyright © 2013-2017. trendmesin - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger