Memipil Jagung dengan Mesin Pemipil Jagung

<br /> <a href="http://trendmesin.blogspot.co.id/2013/09/mesin-pemipil-jagung.html">Mesin Pemipil Jagung</a>

trendmesin. Mesin Jagung atau Mesin Pemipil Jagung atau Mesin Perontok Jagung adalah alat mesin pertanian yang digunakan untuk merontokkan jagung dari bonggolnya sehingga bisa menghasilkan jagung pipilan dalam jumlah banyak dalam waktu yang cepat.

Mesin Pemipil Jagung

Dengan kapasitas output kurang lebih 100 kg/jam, alat mesin pemipil jagung bisa memisahkan biji jagung dari tongkolnya menjadi jagung pipilan. Namun kapasitas kerja suatu alat pemipil jagung juga ditentukan oleh persentase kulit pada jagung, kadar air, kecepatan pemberian (feeding), dan kecepatan putaran alat. Untuk jagung harus kering atau jagung harus basah tergantung pada tipe mesin pemipil jagung yang digunakan.

Secara umum, ada 3 mesin pemipil jagung yang biasa digunakan olah masyarakat yaitu mesin pemipil jagung kikian, mesin pemipil jagung model TPI dan mesin pemipil jagung tipe ban. Namun ada juga mesin pemipil jagung otomatis berbasis microcontroller.

Mesin Pemipil Jagung Kikian

Mesin pemipil jagung kikian adalah mesin pemipil jagung tradisional. Rangkanya terbuat dari kayu dan diletakkan seng berlubang dibagian tengah. Pengoperasian mesin pemipil jagung kikian adalah dengan menggesekkan tongkol jagung ke seng berlubang sehingga gaya gesek akan melepaskan biji-biji jagung dari tongkolnya kemudian biji-biji jagung yang telah terpipil ditampung.

Mesin Pemipil Jagung Model TPI

Mesin pemipil jagung tipe TPI adalah alat pemipil jagung manual yang digunakan pada jagung dengan ukuran tertentu. Sehingga jika ukuran jagung cukup beragam maka diperlukan mesin pemipil jagung tipe TPI lebih dari satu buah. Namun ukuran tertentu dari jagung tersebut tidak mutlak harus satu ukuran,tetapi dapat dimanfaatkan untuk selang ukuran yang mendekati ukuran rata-rata dari jagung yang ada.

Pengoperasian mesin pemipil jagung tipe TPI ini sangat mudah, yaitu jagung yang telah terkupas tinggal dimasukkan pada mesin pemipil kemudian diputar dengan pemberian tekanan pada kedua tangan operator dan disediakan bak penampung untuk menampung jagung yang telah terpipil hanya dengan memasukkan tongkol jagung yang terkupas pada alat pemipil lalu memutarnya.

Hal penting yang perlu diperhatikan pada saat proses pemipilan ini adalah dilakukannya pengelompokan ukuran tongkol jagung sehingga dapat mempercepat proses pemipilannya.

Mesin Pemipil Jagung Tipe Ban

Mekanisme pemipilan dilakukan oleh silinder pemipil dan saringan penahan. Silinder pemipil berfungsi untuk menggerakkan tongkol jagung dan melepaskan biji jagung dengan gaya gesek yang ditimbulkannya. Saringan penahan berfungsi untuk menahan dan menekan jagung yang akan dipipil sehingga proses pemipilan dapat berlangsung dengan baik.

Selain itu, saringan penahan juga berfungsi untuk memisahkan biji jagung yang telah terpipil dengan bonggol jagung. Pada saringan penahan dilengkapi dengan per (pegas) yang berfungsi untuk membantu proses pemipilan dan pengaturan celah antara silinder dengan saringan penahan karena ukuran jagung yang dipipil beragam.

Mesin Pemipil Jagung Otomatis Berbasis Microcontroller

Khusus mesin pemipil jagung otomatis berbasis microcontroller ini memakai AC (listrik rumahan) dengan bagian penggetar digerakkan oleh motor DC (listrik searah). Pada mesin pemipil jagung otomatis ini jagung yang dimasukkan ke corong penampang pertama maksimal 7 buah dan panjang jagung harus 15-17 cm.

Ketika mesin dihidupkan, corong bergetar menggoyang jagung hingga salah satu jatuh ke konveyor. Setelah salah satu jagung jatuh, corong berhenti bergetar. Kemudian jagung digiring ban berjalan ke tempat pemipil. Diujung koveryor terdapat sensor yang fungsinya mengaktifkan pemipil ketika jagung terdeteksi untuk mulai memisahkan biji dari bonggolnya dan menghentikan kerja konveyor.

Setelah biji jagung terpisah seluruhnya bonggol jagung akan keluar melalui pipa pembuangan. Di sana terdapat sensor pendeteksi tongkol jagung. Saat bonggol jagung yang keluar terdeteksi, corong penampang pertama akan kembali aktif dan bergetar kembali untuk menjatuhkan sebuah jagung lagi. Begitu seterusnya alur kerja mesin pemipil jagung otomatis berbasis microcontroller tersebut.
Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
Anonim

Berbagi sedikit informasi tentang mesin-mesin dan alat-alat pendukung wirausaha. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
Copyright © 2013-2017. trendmesin - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger