Cara Membuat Abon (dengan Mesin Presto, Mesin Suir (mesin suwir daging), Mesin Peniris Minyak dan Mesin Pengemas Abon

<br /> <a href="http://trendmesin.blogspot.co.id/2013/09/mesin-pembuat-abon.html">Cara Membuat Abon,Mesin Presto,Mesin Suir,mesin suwir daging,Mesin Peniris Minyak,Mesin Pengemas Abon</a>

trendmesin. Abon adalah daging yang telah disuir, ditumis dengan bumbu, dan kemudian digoreng. Abon merupakan bahan makanan yang banyak dimanfaatkan orang sebagai lauk maupun penambah rasa pada kue. Jika Anda ingin membuat Abon Daging Sapi, pilihlah daging yang tidak banyak lemaknya dan jaringan ikat atau biasa dikenal dengan otot sapi. Dan jika Anda ingin abon menjadi pilhan bisnis, Anda bisa memanfaatkan mesin presto daging, mesin penyuwir abon atau mesin pencacah daging, mesin peniris minyak goreng dan mesin pengemas abon.

mesin presto daging, mesin suwir abon atau mesin pencacah daging, mesin peniris minyak goreng dan mesin pengemas.

Abon memiliki ciri khas suiran daging yang berserat, untuk mendapatkan hasil suiran yang sempurna dibutuhkan bantuan mesin penyuir daging. Mesin ini dapat menghasilkan serat yang baik pada hasil suiran, sehingga ketika dimasak hasil akhir pada abon akan berupa suwiran serat yang menjadi ciri khas dari Abon.

Penampilan abon biasanya berwarna cokelat terang hingga kehitaman. Abon tampak seperti serat karena hasil suiran yang sempurna akan membuat tampak seperti suiran kapas yang berserat. Daging yang biasa digunakan untuk membuat abon berasal dari ayam, sapi, bebek, mentok, kambing, ikan lele, ikan tuna, ikan marlin, ikan patin, udang, kepiting, ikan gabus, dan masih banyak lagi jenis daging yang dapat dibuat abon, Ada juga yang membuat Abon dari buah nangka muda ( Gori dalam bahasa jawa), kluwih, jambu mente, dll

Cara membuat Abon :


Bahan:

1. Satu kilogram daging sapi

Bumbu :

2. Satu (1) sendok makan ketumbar,

3. Enam (6) siung bawang merah,

4. Tiga (3) siung bawang putih,

5. Satu (1) sendok teh garam,

6. Lima puluh (50) gr gula merah, dan 1 sendok teh asam).

Daging sapi dicuci bersih, dibungkus dengan daun pepaya yang telah dimemarkan atau ditaburi dengan parutan buah nenas agar tekstur dagingnya menjadi lebih empuk. Daging selanjutnya direbus sampai lunak bersama 2 lembar daun salam, 2 cm lengkuas yang dimemarkan, dan 1 batang serai yang dimemarkan. Untuk mempercepat produksi biasanya para pengusaha abon menggunakan mesin presto industry.

Bumbu-bumbu dihaluskan kemudian dilarutkan dalam 250 ml air kelapa dan diaduk merata. Setelah daging matang, diangkat dan ditiriskan kemudian disuwir-suwir (Anda bisa menggunakan mesin suwir abon untuk proses lebih cepat). Serat-serat daging harus diupayakan agar seseragam mungkin. Daging parut dimasukkan ke dalam larutan bumbu, diaduk merata dan direndam selama 30 menit supaya bumbu meresap.

Setelah bumbu meresap daging ditiriskan, lalu digoreng dengan minyak panas (daging harus tenggelam di dalam minyak) sambil diaduk terus supaya matangnya merata. Kematangan ditandai dengan abon yang kering dan warnanya cokelat-kehitaman.

Kelebihan minyak yang terdapat pada abon goreng yang telah ditiriskan (Anda bisa memanfaatkan mesin peniris minyak goreng). Dengan menggunakan dua garpu, daging abon goreng dipisah-pisah supaya terurai sempurna dan tidak menggumpal.

Jika Anda membuat abon dengan tujuan untuk dijual/ dipasarkan ada baiknya Anda memperhatikan cara pengemasan abon agar tampilan abon lebih menarik. Abon yang dihasilkan selanjutnya dikemas dalam kantong plastik, wadah dari gelas atau kaleng ditutup rapat.

Fungsi utama pengemasan adalah untuk melindungi abon terhadap kerusakan fisik, perubahan kimia dan kontaminasi mikroba, serta untuk menampilkan produk agar menarik bagi konsumen. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan mesin pengemas abon agar lebih cepat dan professional.
Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
Anonim

Berbagi sedikit informasi tentang mesin-mesin dan alat-alat pendukung wirausaha. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
Copyright © 2013-2017. trendmesin - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger