Tentang Mesin Pembuat Kopi Instan - Mesin Espresso

<br /> <a href="http://trendmesin.blogspot.co.id/2013/08/mesin-espresso-pembuat-kopi.html">Mesin Pembuat Kopi Instan - Mesin Espresso - coffee machine</a>

trendmesin. Jika Anda ingin menikmati minuman espresso atau americano Anda bisa pergi ke kafe atau mungkin membuatnya sendiri dengan menggunakan mesin espresso di rumah Anda. Seperti yang Anda tahu, mesin espresso digunakan untuk menghasilkan kopi espresso atau minuman kopi tradisional Italia. Jika Anda ingin membuka usaha kafe atau warung kopi dan ingin menyajikan minuman kopi secara cepat maka Anda butuh coffee machine atau mesin pembuat kopi yaitu espresso machine atau mesin espresso. Berikut ini sedikit ulasan mengenai espresso machine atau mesin espresso.
mesin espresso mesin pembuat kopi

Pada dasarnya espresso machine atau mesin espresso dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :
  • Mesin Espresso dengan tuas Uap
  • Mesin Espresso dengan tuas Piston
  • Mesin Espresso dengan tuas Pompa
Mesin espresso dengan menggunakan pompa sebagai tuas adalah jenis mesin espresso yang sekarang banyak dijual di pasaran. Mesin espresso ini mempunyai beberapa variasi dalam desain mereka, yaitu :
  • Mesin Espresso Semi-Otomatis
  • Mesin Espresso Otomatis
  • Mesin Espresso Super-Otomatis
Pada mesin espresso semi otomatis kita harus melakukan brewing sendiri. Selama cara kita brewing dengan memencet tombol atau menaikkan lever dan jika mematikannya juga dengan memencet tombol lagi atau menurunkan lever, maka mesin espresso itu bisa dikatakan sebagai mesin espresso semi otomatis, meskipun itu mesin HX, mesin single boiler atau double boiler.

Rancilio Silvia adalah contoh mesin espresso semi otomatis. Pada mesin HX yg masuk kategori semi otomatis yaitu Expobar office (leva ato pulsar), isomac (Tea, Zafiro, dkk), ECM Rocket (giotto) sdan banyak yang lainnya.

Berbeda dengan mesin espresso semi otomatis pada mesin espresso otomatis sudah dilengkapi flowmeter yang berguna untuk menghitung air yg keluar. Pada mesin espresso otomatis, kita bisa program tombol-tombol untuk mengatur jumlah air yg keluar.

Jika kita mengatur tombol X untuk double espresso 2 oz, maka besoknya lagi kita tinggal pencet tombol X dan akan langsung keluar espresso 2 oz tanpa harus mwengaktifkan tombol brewing.

Kemudian ada lagi yang dinamakan mesin espresso super otomatis. Mesin super otomatis memiliki satu komponen yg sama seperti pada mesin otomatis, yaitu flowmeter. Namun kelebihan pada mesin super otomatis adalah kita sudah tidak perlu lagi repot soal tamper, grinder, melakukan ritual dosing, distributing maupun tamping.

Cukup tekan satu tombol, maka otak mesin espresso super otomatis akan melakukan segalanya. Dan hasilnya, 99,99% konsisten. Buat beberapa orang (terutama orang-orang yang punya gaya hidup tinggi), inilah mesin espresso yg sebenarnya. Namun bagi banyak barista mesin ini tidak dapat memberikan espresso yg sebenarnya.

Mungkin dikarenakan pengaturannya yg terbatas (mulai dari grinder, tamping force sampe distributing). Dan kebanyakan mesin ini menggunakan pressurzied portafilter atau crema enchancer yg menghasilkan fake crema.
Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
Anonim

Berbagi sedikit informasi tentang mesin-mesin dan alat-alat pendukung wirausaha. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
Copyright © 2013-2017. trendmesin - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger