Mengenal Vending Machine (Mesin Penjual Otomatis)

<h1> <a href="http://trendmesin.blogspot.co.id/2015/08/vending-machine-mesin-penjual-otomatis.html">Vending Machine (Mesin Penjual Otomatis)</a></h1>

trendmesin. Vending Machine adalah sebuah mesin atau alat seperti atm dan berbentuk seperti kulkas kaca yang berfungsi untuk menjual makanan atau minuman ringan secara otomatis tanpa adanya kasir atau operator. Jadi jika kita ingin membeli minuman kaleng atau mungkin membeli koran pada mesin penjual ini maka kita tinggal memasukkan koin atau uang ke dalam mesin ini maka keluarlah minuman atau koran dari vending machine tersebut.

Vending Machine (Mesin Penjual Otomatis)

Apa itu vending machine? Jika anda pernah melihat orang yang memasukkan koin pada kotak kaca di bandara atau di tempat umum lainnya kemudian dari kotak tersbut keluar botol minuman atau makanan ringan lainnya maka kotak itulah yang dinamakan vending machine. Mesin penjual otomatis ini mungkin masih asing ditelinga kita, karena vending machine baru ada di Indonesia sekitar tahun 1996.

Sedangkan vending machine sendiri sebenarnya sudah hadir di Eropa sejak ratusan tahun yang lalu. Di Inggris saja mesin penjual otomatis ini bahkan sudah ada sekitar pertengahan abad 19 yang diciptakan oleh Simeon Denham dari Yorkshire, Inggris. Namun mesin ciptaannya hanya sebatas menjual perangko. Kemudian ada pula vending machine penjual buku ciptaan Richard Carlisle seorang pemilik toko buku dan penerbit di Inggris dan vending machine penjual koran dan majalah.

Kepopuleran vending machine kemudian merambah ke beberapa negara industri maju lainnya seperti Amerika Serikat, Australia dan Jepang sehingga terciptalah vending machine penjual permen karet, minuman soda, minuman coca-cola dan pepsi, vending machine penjual rokok, sandwich dan lain-lain. Bahkan di Jepang vending machine yang diciptakan cukup unik yang juga menjual berbagai macam kebutuhan seperti tisu toilet, payung, es batu, makanan siap saji, es batu dan lain-lain.

Di Indonesia sendiri mesin penjual otomatis atau vending machine ini belum banyak dan masih hanya di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan kota besar lainnya. Keberadaannyapun masih terbatas di beberapa sarana umum seperti bandara, rumah sakit besar, stasiun kereta, departement store, supermarket dan tempat umum lainnya.

Namun vending machine di Indonesia juga sudah ada yang menjual berbagai macam kebutuhan. Seperti di Jakarta misalnya sudah ada vending machine penjual minuman ringan, vending machine penjual buah-buahan, vending machine penjual koran, vending machine penjual kupon dan vending machine lainnya. Baca juga Vending Machine Penjual Mobil Mewah.
Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
Anonim

Berbagi sedikit informasi tentang mesin-mesin dan alat-alat pendukung wirausaha. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
Copyright © 2013-2017. trendmesin - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger