Memilih Antara Mesin Laminating Panas dan Mesin Laminating Dingin

<br /> <a href="http://trendmesin.blogspot.co.id/2015/02/memilih-mesin-laminating-panas-dingin.html">Mesin Laminating panas dingin</a>

trendmesin. Mesin laminating atau biasa disebut mesin laminasi terbagi menjadi dua jenis berdasarkan cara kerjanya, yaitu mesin laminating panas dan mesin laminating diingin. Perbedaanya yaitu jika mesin laminating panas mengunakan pemanas (metode thermal laminating ) pada proses laminasinya sedangkan proses pada mesin laminating dingin tidak menggunakan pemanas. Untuk hasil laminasi kualitas laminating dengan mesin laminating panas lebih bagus daripada mesin laminating dingin. Namun sebaliknya harga untuk mesin laminating dingin lebih terjangkau dibandingkan dengan harga mesin laminating dengan menggunakan pemanas. Berikut sedikit gambaran antara mesin laminasi panas dan mesin laminating dingin sebelum Anda memilih mesin laminating.


Memilih Mesin Laminating panas dingin
Laminating merupakan proses sederhana untuk melindungi suatu media dengan melapisi permukaan media tersebut dengan bahan berupa plastik lembaran tipis khusus yang terbuat dari bahan polypropylene, polyester atau nylon.

Laminating bertujuan untuk melindungi media baik berupa kartu, poster, cover buku, cover video, kaset, daftar menu, peta, brosur dan produk percetakan lainnya sehingga menjadi lebih awet, lebih mengkilap, tahan gores dan mencegah terjadinya kotor, basah atau rusak.

Mesin Laminating Panas (Metode thermal laminating)

Untuk menempelkan plastik pada media yang akan dilaminasi mesin laminating panas menggunakan metode laminasi thermal dalam prosesnya. Ada 2 metode pada proses ini yaitu dengan menggunakan plastik yang sudah mengandung lem atau dengan plastik yang belum mengandung lem/ perekat.

Penggunaan jenis plastik harus didasarkan pada kecocokan dengan media yang akan dilaminasi. Yang paling umum digunakan di dunia percetakan adalah jenis plastik doft dan glossy berbahan polypropylene, karena paling murah dan banyak tersedia di pasaran. Kedua kenis plastik tersebut mengandung lem/ perekat.

Jika menggunakan plastik yang mengandung lem, proses penempelan dilakukan pada suhu 90oC - 120oC (tergantung jenis plastik yang digunakan) untuk melelehkan bagian lem kering plastik laminating agar lengket ke media.

Penyetelan suhu pada mesin laminasi dianjurkan tidak lebih dari 120oC karena jika lebih dapat menyebabkan masa pakai rol karet silicon menjadi lebih pendek.

Mesin Laminating Dingin (Metode wet)

Untuk laminating dingin bahan yang digunakan yaitu adhesive yang dicampur bahan pelarut atau air. Adhesive ini dicoatingkan ke permukaan plastik kemudian dilapiskan ke media.

Dari segi biaya metode wet ini lebih murah dibandingkan dengan metode thermal. Meskipun begitu metode ini termasuk tidak ramah lingkungan karena terjadi penguapan dari bahan pelarut saat pengeringan adhesive.

Dari segi kualitas hasil laminating dengan menggunakan mesin laminating dingin agak kalah bila dibandingkan dengan mesin laminating panas. Karena mesin yang dilengkapi pemanas akan mengepress plastik dengan sangat kuat sehingga dapat menempel dengan sangat erat dengan media yang dilaminating.

Meskipun begitu mesin laminating dingin biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan mesin laminating yang menggunakan pemanas.

Jika Anda ingin membeli mesin laminating untuk memenuhi kebutuhan kantor dimana Anda hanya ingin malapisi dokumen penting agar tidak cepat rusak, maka mesin laminating dingin sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Namun jika Anda memiliki usaha seperti usaha percetakan seperti pembuatan kartu nama, undangan, brosur atau produk percetaakan lainnya maka maka Anda bisa memilih mesin laminating yang menggunakan pemanas untuk mendukung usaha Anda.
Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
Anonim

Berbagi sedikit informasi tentang mesin-mesin dan alat-alat pendukung wirausaha. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
Copyright © 2013-2017. trendmesin - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger