Mesin Perontok Padi ( Power Thresher )

<br /> <a href="http://trendmesin.blogspot.co.id/2014/11/mesin-perontok-padi-thresher.html">Mesin Perontok Padi Power Thresher</a>

trendmesin. Mesin perontok padi atau Power Thresher adalah mesin atau alat penggerak yang digunakan oleh para petani untuk memisahkan/ merontokkan bulir-bulir padi (gabah) dari tangkainya/ jerami. Berdasarkan jenis alat penggeraknya mesin perontok padi terbagi menjadi dua jenis yaitu mesin perontok padi yang digerakkan secara manual, yaitu degan pedal (Pedal Thresher) dan mesin perontok padi yang digerakkan dengan mesin (Power Thresher).


Mesin Perontok Padi
Dulu sebelum adanya alat perontok padi dengan menggunakan mesin, para petani mengumpulkan gabah dari hasil panennya dengan cara merontokkan bulir-bulir padi dengan memasukkan tumpukan tangkai padi kedalam alat perontok padi yang digerakkan dengan menggunakan pedal. Tentu saja alat ini akan bergerak jika pedal dikayuh dengan menggunakan kaki.
Mesin Perontok Padi Thresher

Seiring berjalannya waktu alat perontok padi dengan tenaga manusia tersebut kurang efektif dan efesien. Untuk lebih memaksimalkan kinerja para petani ini maka dibuatlah mesin perontok padi dengan tenaga mesin diesel dengan bahan bakar bensin.

Prinsip kerja mesin perontok padi atau power thresher ini adalah dengan memukul bagian tangkai padi (jerami) sehingga bulir-bulir gabah terlepas/ rontok. Seiring perkembangan jaman mesin perontok padi mengalami berbagai modifikasi dan penyempurnaan demi menghasilkan kinerja mesin yang lebih maksimal.

Dengan mesin perontok padi bertenaga diesel ini kinerja para petani dalam menghasilkan gabah padi saat musim panen lebih efektif dan efesien karena dapat menghemat tenaga manusia, biaya maupun waktu.

Saat ini banyak jenis mesin perontok padi yang berkembang dan beredar di pasaran dengan modifikasi yang berbeda beda tergantung kepada merk dan model yang dikembangkan oleh masing-masing pabrikan.
Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
Anonim

Berbagi sedikit informasi tentang mesin-mesin dan alat-alat pendukung wirausaha. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
Copyright © 2013-2017. trendmesin - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger