Mesin Penanam Padi Otomatis (Rice Transplanter) Review

<br /> <a href="http://trendmesin.blogspot.co.id/2014/02/mesin-penanam-padi-otomatis.html">Mesin Penanam Padi Otomatis (Rice Transplanter</a>

trendmesin. Mesin penanam padi otomatis atau yang disebut dengan Rice transplanter adalah mesin penanam bibit padi modern dengan sistem penanaman yang serempak. Selain sistem tanam yang serempak, biaya penanaman bibit padi yang lebih murah serta proses penanaman yang lebih cepat adalah beberapa kelebihan dan keuntungan bagi para petani yang menggarap lahan pertaniannya dengan menggunakan mesin penanam padi.
Mesin penanam padi otomatis

Sistem penanaman bibit padi yang ada di Indonesia kebanyakan dilakukan dengan cara tradisional, yaitu masih diterapkannya sistem tanam pindah atau tegel. Kekurangan pada sistem ini adalah dapat mengakibatkan tertundanya waktu tanam serempak karena mengandalkan tenaga kerja manusia dalam proses penanamannya.

Sedangkan tenaga kerja manusia ini selain kurang produktif dan efesien (apalagi jika cakupan lahan yang akan digarap cukup luas), juga semakin sulit didapat dikarenakan semakin menurunnya minat generasi muda dalam hal pekerjaan pada sektor pertanian.

Jika waktu tanam yang seharusnya dikerjakan secara serempak ini mengalami keterlambatan, maka dikhawatirkan tanaman padi yang terlambat ditanam akan mengalami kekurangan air, diserang hama atau penyakit. Sehingga hal ini dapat mengakibatkan resiko gagal panen.

Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan di atas, maka para petani memerlukan dukungan dalam menunjang aktifitas penanaman bibit padi yang cepat, serempak dan murah. Maka para petani membutuhlan apa yang dinamakan dengan mesin penanam padi otomatis atau Rice transplanter.

Mesin penanam padi otomatis selain sangat gampang cara pemakaiannya, hasil penanamannya juga lebih rapi dan terukur. Dengan sekali jalan mesin penanam padi otomatis mampu menanam bibit padi yang sebelumnya ditaruh di atasnya dengan membuat empat baris tanaman padi.

Sekarang mesin penanam padi otomatis sudah banyak dibuat oleh pabrikan lokal yang ada di Indonesia. Dan selain mesin penanam padi otomatis juga ada mesin pemanen padi otomatis atau combine harvester untuk mengatasi kelangkaan tenaga kerja pemanen padi. Mesin ini mampu memotong padi, merontokkan gabah, membersihkan gabah dan memasukkannya ke dalam karung.

Demikianlah sedikit informasi mengenai mesin penanam padi otomatis. Semoga dengan adanya mesin penanam padi otomatis atau Rice transplanter ini dapat membantu petani kita dalam meningkatkan hasil pertanian, meminimalisir terjadinya gagal panen serta mendukung program swasembada beras yang berkelanjutan.
Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
Anonim

Berbagi sedikit informasi tentang mesin-mesin dan alat-alat pendukung wirausaha. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
Copyright © 2013-2017. trendmesin - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger