Mesin Pembuat Es Batu Otomatis

<br /> <a href="http://trendmesin.blogspot.co.id/2013/10/mesin-pembuat-es-batu-ice-cube.html">Mesin Pembuat Es Batu Otomatis</a>

trendmesin. Mesin ice cube atau yang biasa disebut ice maker adalah mesin pembuat es batu secara otomatis. Mesin ini juga sering disebut dengan mesin ice kristal. Mesin ini  sangat cocok digunakan untuk restoran, cafe, rumah makan dan lain sebagainya. Karena mesin es batu ini menghasilkan es kristal yang lebih hygienis, lebih jernih, dan sudah berbentuk kotak kecil-kecil, sehingga tinggal memasukkannya ke dalam gelas tanpa repot lagi memecah balok es dan sebagainya.

mesin pembuat es batu ice cube

Mengingat suhu di Indonesia yang cukup tinggi yaitu sekitar 30 derajat Celsius, permintaan akan minuman yang es cukup tinggi. Hampir 70% penujualan minuman adalah minuman dalam keadaan dingin. Es adalah salah satu komponen utama dalam pembuatan minuman dingin dengan fungsi memberikan rasa segar pada minuman.

Pada awalnya kita mengenal es batu adalah es yang dibuat dirumah dengan dibungkus plastik kiloan atau alat cetak es batu kemudian menaruhnya di freezer kulkas. Namun, es batu dirumah yang di bungkus plastik tersebut hanya dapat mengisi 3-4 gelas minuman saja yang berarti hanya cukup untuk anggota keluarga.

Lalu bagaimana dengan industri kuliner yang berpusat di restoran-restoran? dimana dibutuhkan sekitar 200-300 gelas untuk menghidangkan minuman dingin kepada para tamu dan pengunjung setiap hari. Apakah bisa es batu buatan sendiri yang dibuat secara konventional tersebut mampu memenuhi kebutuhan es batu mereka? Tentu saja tidak, karena saat ini semua restoran telah beralih dari menggunakan es balok menjadi menggunakan es cristal yang lebih hygenis, dan lebih jernih, dan sudah tercetak rapi, tidak perlu dipecahi lagi.


Ada beberapa tipe mesin pembuat es batu ini diantaranya adalah :
  • Mesin ice cube 
  • Adalah mesin pembuat es batu yang berbentuk kotak kubus berukuran 2 x 2 cm.
  • Mesin ice tube 
  • Adalah mesin pembuat es batu yang berbentuk silinder dan terdapat lubang di tengahnya.
  • Mesin ice flacker
  • Adalah mesin pembuat es batu tetapi sudah dalam bentuk hancur kecil-kecil seperti kristal.

Membuat es batu menggunakan mesin pembuat es batu adalah suatu cara yang amat sangat mudah. Anda hanya perlu mengaliri air kedalam saluran khusus mesin, hidupkan mesin dan tunggu mesin bekerja dan Anda akan mendapatkan es batu sesuai keinginan Anda.

Mesin pembuat es batu ini sangat cocok digunakan untuk restoran, cafe, rumah makan dan lain sebagainya. Karena es batu yang dihasilkan sudah berbentuk kotak kecil-kecil dan tinggal memasukkannya ke dalam gelas tanpa repot lagi memecah balok es dan sebagainya.

Dan cara membuat es batu dengan mesin pembuat es batu modalnya hanya listrik dan juga air bersih. Sekedar gambaran analisa jika Anda memutuskan berinvestasi dengan membeli mesin ice maker : Mesin dengan watt 1500 bila dihidupkan terus menerus selama 24 jam dalam waktu 30 hari hanya menelan biaya 200-300 ribu.

Bila anda membeli di pasaran, satu kg es batu dihargai Rp 2.000 bila kebutuhan sehari anda adalah 20 kg maka dalam sehari anda mengeluarkan dana sebesar Rp 40.000 dalam satu bulan menjadi Rp 1.200.000. Nah, apakah Anda sudah siap berinvestasi untuk usaha restoran/rumah makan Anda?

Dan bagi Anda yang ingin membuka usaha penjualan es batu, mesin pembuat es batu ini sangat cocok mengingat semakin tingginya akan permintaan es batu yang sudah dalam bentuk kecil-kecil. Apalagi saat ini sedang menjamurnya bisnis franchise makanan dan minuman dingin seperti misalnya teh dalam gelas (teh poci, good tea dll), bubble drink, juice dan lain sebagainya.
Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
Anonim

Berbagi sedikit informasi tentang mesin-mesin dan alat-alat pendukung wirausaha. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
Copyright © 2013-2017. trendmesin - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger