Cara Kerja Mesin Pencari "Google"

<br /> <a href="http://trendmesin.blogspot.co.id/2013/10/cara-kerja-mesin-pencari-google.html">Cara Kerja Mesin Pencari "Google"</a>

trendmesin. Google adalah mesin pencari yang paling banyak diminati oleh para pencari informasi di dunia saat ini. Google melakukan sekitar 100 miliar pencarian per bulan dan setiap pencarian hanya membutuhkan waktu 1/8 detik! Namun tahukah Anda bagaimana mesin pencari seperti Google ini bekerja? Secara garis besar sistem pencarian Google melakukan tiga langkah dalam menghadirkan informasi yang dicari oleh pengguna Google, yaitu Crawling, Indexing, Algoritma, dan Fighting Spam.

bagaimana mesin pencari Google bekerja

Saat ini Google baru saja meluncurkan sebuah situs baru yang dinamakan "How Search Works". Melalui situs ini, pengguna dapat mengetahui dari belakang layar bagaimana rumitnya proses kerja dari layanan mesin pencari Google ini. Melalui situs ini pula, pengguna dapat menemukan berbagai grafik dan juga animasi yang menarik yang dapat menjelaskan dengan cara yang sangat mudah untuk dipahami dari awal hingga akhir bagaimana proses pencarian pada mesin pencari Google ini bekerja .

Secara garis besar ada tiga langkah yang dilakukan oleh sistem pencarian Google dalam melayani para penggunanya, yaitu:.

1. Crawling & Indexing

Jika Anda mengetikkan sebuah kata pada mesin pencari Google, maka sistem Google akan memulai proses penelusuran dengan mencari kata yang Anda ketikkan tadi ke sekitar 30 triliun halaman situs yang ada di dunia maya. Inilah yang dinamakan dengan crawling, yaitu proses menjelajah web dari satu halaman ke halaman lain untuk menemukan kata yang Anda inginkan tadi melalui hyperlink. Sekali crawler menemukan kata-kata yang dicari, kata-kata tersebut akan dibuatkan indeks dan menyimpannya di server. Proses pengindeksan ini terjadi setiap menit bahkan setiap detik untuk menghadirkan konten-konten yang update.

2. Algoritma

Saat proses indexing selesai dikerjakan, proses algoritma super rumit akan mulai bekerja dengan memilah-milah konten atau artikel mana yang diprediksi paling sesuai sehingga sistem Google akan menampilkan hasilnya kepada Anda. Namun hasil proses algoritma ini akan selalu berubah setiap saat tergantung pula dari peringkat situs (Page Rank) yang dimiliki oleh situs yang terindeks halamannya. Dan hebatnya, semua proses pencarian tersebut dilakukan dengan waktu supercepat, yaitu sekitar 1/8 detik saja.

3. Fighting Spam

Selama proses pencarian, banyak situs yang berisikan spam atau sampah. Dalam situs "How Search Works" ini Google juga menghadirkan beberapa slide yang mengungkapkan bagaimana sistem mampu bertarung melawan spam dan menghapusnya dari hasil penelusuran.
Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
Anonim

Berbagi sedikit informasi tentang mesin-mesin dan alat-alat pendukung wirausaha. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
Copyright © 2013-2017. trendmesin - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger