Tentang Mesin Penggiling Daging

<br /> <a href="http://trendmesin.blogspot.co.id/2013/08/mesin-penggiling-daging.html">Mesin Pengiling Daging</a>

trendmesin. Sebelum adanya mesin penggiling daging sederhana skala rumah tangga, proses penggilingan daging sangat sulit. Namun dengan kemajuan teknologi sekarang ini banyak sekali dijumpai mesin penggiling daging dipasaran yang mempermudah proses penggilingan daging.

Mesin Penggiling Daging

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai mesin penggiling ikan kali ini kita akan membahas mengenai mesin penggiling daging.

Mesin giling daging atau sering disebut meat grinder adalah alat atau mesin yang digunakan untuk menggiling daging dengan cara menghancurkan daging menjadi bentuk lebih halus sehingga bisa di buat makanan lain seperti bakso, sosis dll.

Oleh karen aitu mesin giling daging banyak digunakan oleh pengusaha-pengusaha yang berkepentingan dengan daging yang halus atau telah dihaluskan seperti pengusaha bakso, sosis, dan pengusaha lainnya yang berhubungan dengan daging yang telah dihancurkan/ dihaluskan.

Mesin penggiling daging yang umum ditemui dipasaran adalah mesin yang menggunakan daya penggerak motor listrik. Namun ada juga mesin penggiling daging manual dengan menggunakan putaran tangan meskipun jumlahnya relatif masih sedikit.

Mesin penggiling daging ini biasanya terbuat dari bahan besi hitam dan cor (black and cast iron) dan baja halus (mild steel). Meskipin telah digunakan secara luas pada konstruksi permesinan, khususnya untuk kerangka umum namun peralatan tersebut tidak mengalami kontak langsung dengan makanan.

Hal ini dikarenakan material-material tersebut sangat peka terhadap korosi meskipun dapat dikendalikan secara sementara dengan mengecat permukaan. Maka untuk menghasilkan higienitas dan juga kebersihan terhadap daging yang diolah (dihaluskan), mesin giling daging biasanya terbuat dari bahan stainless steel atau baja stainless.

Cara kerja mesin penggiling daging adalah daging yang telah dipotong menjadi ukuran 50 x 50 x 50 mm dimasukkan ke dalam bak penampung. Ketika engkol manual diputar akan menggerakkan poros screw dan berputar, sehingga akan terjadi proses penggilingan daging yang berada di bak penampungan.

Untuk masuk ke mesin penggiling yang ada di bawahnya daging bisa dibantu manual dengan tangan untuk mempercepat proses masuk ke dalam mesin penggiling daging. Daging yang telah masuk akan digiling oleh poros scerw dan akan dicincang oleh pisau yang berada di ujung mesin sebelum daging keluar.

Pisau ini membantu mencincang daging agar lebih halus serat- seratnya. Biasanya mesin penggiling daging didesain dengan kapasitas 5 kg namun ada juga mesin penggiling berkapasitas lebig dari 5 kg atau lebih kecil tergantung kebutuhan. Dalam perkembangannya mesin penggiling daging juga telah dibuat otomatis (mesin penggiling daging otomatis).
Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
Anonim

Berbagi sedikit informasi tentang mesin-mesin dan alat-alat pendukung wirausaha. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
Copyright © 2013-2017. trendmesin - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger