Tips Sebelum Membeli Mesin Absensi (Kelebihan dan Kekurangan Manual Vs Digital / Biometrik)

<br /> <a href="http://trendmesin.blogspot.co.id/2014/01/tips-mesin-absensi-manual-digital.html">Mesin Absensi</a>

trendmesin. Mesin absensi diciptakan untuk member kemudahan bagi Manager Human Resources Development untuk menertibkan dan meningkatkan kedisiplinan serta kinerja para staf dan karyawannya khusunya dalam hal pendataan absensi harian atau office hours daylies. Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian canggih dan modern berkembang pula teknologi mesin absensi yang semula hanya berupa mesin absensi manual hingga menjadi sebuah mesin absensi digital atau biometric. Namun seperti halnya produk-produk yang dibuat oleh manusia lainnya, mesin absensi baik mesin absensi manual maupun digital atau biometric masing-masing memiliki kelebihan kekurangannya.

tips Mesin Absensi manual digital
Saat ini banyak sekali jenis mesin absensi yang tersedia dan memiliki fitur yang sangat canggih dan berbeda-beda. Setiap jenis mesin absensi memiliki keunggulan dan kekurangan yang berbeda-beda. Oleh karena itu pilihlan jenis mesin absensi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Jika yang dibutuhkan hanyalah untuk mendata absensi karyawan apalagi jika jumlah karyawan kurang dari 30 orang, mesin absensi kartu manual dapat menjadi pilihan yang tepat karena jenis ini cukup fungsional.

Namun jika Anda memilih mesin absensi ini maka Anda harus menyiapkan antisipasi jika suatu saat menemui kekurangan pada mesin jenis ini. Hal yang paling sering terjadi adalah banyak karyawan yang TA atau titip absen jika menggunakan sistem manual caranya yaitu dengan menitipkan kartu absen ke rekan kerja.

Namun apabila jika Anda ingin lebih menanamkan kedisiplinan dan preofesionalitas dalam perusahaan/ instansi Anda khususnya terkait status absensi apalagi jika jumlah karyawan lebih dari 30 maka pilihlah mesin absensi yang lebih canggih seperti mesin absensi digital atau mesin absensi biometrik yang pendeteksiannya melalui sidik jari, suara, wajah, dan bagian tubuh atau penginderaan lainnya.

Karena selain lebih memungkinkan untuk kapasitas pengguna/pegawai yang lebih banyak, mesin absensi digital dan biometrik mempunyai fitur tambahan yaitu penghitungan gaji dan uang lembur serta pembuatan laporan serta dapat pula difungsikan untuk akses kontrol ruang tertentu.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan antara mesin absensi manual vs mesin absensi digital atau biometrik :
Mesin Absensi Manual


Kelebihan :
1. Harga yang lebih murah dibanding dengan mesin absensi jenis digital/biometrik
2. Jika ada karyawan yang terlambat maka mesin absensi akan mencetak keterangan dengan menggunakan tinta merah.

Kekurangan :
1. Kejujuran karyawan dipertanyakan jika menggunakan mesin absensi jenis manual karena bisa jadi ada karyawan yang TA atau Titip absen dengan cara menitipkan kartu absen ke rekan kerja.
2. Jika menggunakan mesin absensi manual pencetak waktu dapat diset atau reset manual, sehingga mungkin dapat menjadi tidak akurat.
3. Untuk otomatisasi sistem pelaporan dan integrasi dengan sistem informasi kepegawaian, mesin absensi manual harus dilakukan secara manual. Hal ini memungkinkan terjadinya kesalahan penyalinan data.

Mesin Absensi Digital atau Biometrik

Kelebihan :
1. Cara pemakaian mesin absensi digital/biometrik lebih cepat dan lebiah praktis, karyawan hanya perlu menunjukkan atau memverifikasi karakteristik tertentu seperti sidik jari, wajah, suara, dll.
2. Memicu karyawan untuk hadir tepat waktu karena hampir mustahil seseorang mampu memanipulasi sidik jari atau wajah jika perusahaan/instansi Anda mengunakan mesin absensi jenis ini.
3. Data akan sangat akurat karena data akan segara disimpan ke komputer setelah karyawan absen.
4. Sistem pelaporan pada mesin absensi digital atau biometrik selalu dapat dilakukan secara otomatis karena menggunakan sistem yang terintegrasi. Bahkan mesin ini mampu melakukan penghitungan gaji maupun jumlah lembur karyawan.

Kekurangan :
1. Harga yang lebih mahal dibanding mesin absensi jenis manual
2. Mesin absensi digital khususnya yang jenis sidik jari kadang scan sidik jari mengalami human eror atau sulit diterima. Hal ini bisa disebabkan kondisi jari yang terlalu kering, kotor atau terlalu basah.
3. Penggunakan mesin absensi digital maupun biometrik khususnya yang jenis sidik jari, alat sensornya bisa menimbulkan kotoran, debu bahkan kuman karena selalu disentuh oleh para karyawan.
Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
Anonim

Berbagi sedikit informasi tentang mesin-mesin dan alat-alat pendukung wirausaha. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
Copyright © 2013-2017. trendmesin - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger