Tentang Mesin Kasir atau Cash Register

<br /> <a href="http://trendmesin.blogspot.co.id/2013/11/mesin-kasir-komputer-kasir.html">Mesin Kasir,cash register</a>

trendmesin. Mesin Kasir atau Mesin Kas atau disebut juga dengan Cash Register atau Mesin Register adalah sebuah piranti elektris atau mekanikal yang dipergunakan untuk menghitung atau mencatat history transaksi penjualan. Mesin kasir secara otomatis juga mengeluarkan tanda terima berupa kwitansi atau struk nota. Saat ini perkembangan mesin kasir atau cash register sudah mengarah pada penggunaan mesin kasir yang berbasiskan komputer (PC Based Cash Register / Point of Sale POS). Mesin kasir berbasis komputer ini lebih banyak memiliki keunggulan dibanding dengan mesin kasir (cash register) elektronik maupun mesin kasir lainnya.

mesin kasir komputer kasir
Setelah sebelumnya kita membahas mengenai 8 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Mesin Penghitung Uang, sekarang kita beralih ke mesin kasir.

Mesin kasir atau cash register biasanya dilengkapi juga dengan cash drawer atau laci yang berfungsi untuk menyimpan uang hasil transaksi penjualan. Untuk mengurangi resiko kehilangan atau pencurian uang maka biasanya cash drawer pada mesin kasir hanya akan terbuka secara otomatis jika ada transaksi penjualan.

Namun cash drawer mesin kasir juga bisa dibuka oleh pengawas atau pemilik mesin kasir dengan menekan tombol NS (No Sale). Tombol ini (NS) terdapat pada hampir semua mesin kasir yang dilengkapi dengan sandi (password). Penggunaan tombol NS ini secara otomatis juga akan tercatat dalam laporan akhir.

Beberapa fungsi lainnya dari mesin kasir yaitu untuk mencatatkan komponen pajak dalam penjualan. Saat ini beberapa mesin kasir elektronik (Electronic Cash Register) bisa disambungkan dengan perangkat bantu lainnya seperti timbangan digital, barcode scanner dan juga dapat membaca kartu kredit maupun kartu debit.

Saat ini perkembangan mesin kasir sudah mengarah pada penggunaan mesin kasir yang berbasiskan komputer (PC Based Cash Register / Point of Sale POS). Mesin kasir berbasis komputer atau biasa disebut dengan nama mesin POS ini dilengkapi dengan barcode scanner, cash drawer dan digital scale.

Mesin kasir POS biasanya juga dilengkapi dengan software/ piranti lunak yang berbasis sistem operasi DOS,Windows, Linux maupun Unix dimana data akan tersimpan dalam database baik di mesin kasir tersebut maupun di server induknya. Pada umumnya mesin kasir yang berbasiskan komputer ini memiliki konfigurasi jaringan lokal (LAN).

Kelebihan Mesin Kasir

Keuntungan pemakaian cash register hanyalah karena bentuknya yang compact dan mudah dipindah-pindah. Selain itu dari sisi ekonomis ada type-type cash register dengan harga yang sangat terjangkau. Namun cash register seperti ini hanya berfungsi seperti layaknya calculator yang dilengkapi struk. Struknya pun tidak bisa mencetak huruf, namun hanya angka saja.

Jadi jenis cash register ini sebenarnya hanya untuk usaha mikro dimana kasir tidak terlalu bisa melakukan perhitungan/ penjumlahan sehingga dapat meminimisasi kesalahan hitung. Keunggulan mesin kasir dibandingkan dengan sekedar software penjualan biasa adalah di sistem keamanannya karena selain dari sistem perangkatnya pun dilengkapi dengan kunci pengaman. Begitu juga dengan ink barcode machine atau barcode machine product lainnya mempunyai system yang dirancang bagus.


Kekurangan Mesin Kasir

Pada saat ini kemampuan mesin kasir berbasis komputer (komputer kasir) jauh melebihi cash register. Adapun beberapa kelemahan cash register adalah:

  • Kapasitas penyimpanan terbatas
  • Hanya dapat melakukan transaksi POS sederhana
  • Tidak dapat digunakan untuk kepentingan lainnya
  • Sistem POS terlalu sederhana. Kalaupun ada cash register yang mampu mendukung sistem stok (persediaan), harganya sangat mahal dibandingkan komputer
  • Tidak dapat di upgrade. Misalnya tidak mendukung sistem Barcode. Kalaupun ada, harganya juga mahal.
  • Biaya maintenance tinggi. Jika terjadi kerusakan modul, spare-part jarang tersedia dan harganya mahal.
Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
Anonim

Berbagi sedikit informasi tentang mesin-mesin dan alat-alat pendukung wirausaha. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
Copyright © 2013-2017. trendmesin - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger