Cara Membuat Kertas Karton dengan Mesin Pengolah Limbah Kertas atau Mesin Daur Ulang Limbah Kertas

<br /> <a href="http://trendmesin.blogspot.co.id/2013/07/mesin-daur-ulang-kertas-karton.html">Mesin Pengolah Limbah Kertas atau Mesin Daur Ulang Limbah Kertas</a>

trendmesin. Daur ulang limbah kertas sangat penting artinya bagi kita khususnya di Indonesia dimana perbandingan laju penanaman pohonnya dan konsumsinya tidak sebanding. Oleh sebab itulah proses daur ulang kertas wajib kita galakkan sehingga laju pertumbuhan pohon di hutan kita bisa sebanding dengan konsumsi kertas yang kita pakai sehari-hari. Sehubungan dengan pembahasan kita kali ini yaitu daur ulang limbah kertas, saya ingin berbagi cara membuat kertas karton dengan bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat kertas karton diantaranya sludge atau limbah kertas,kertas bekas, enceng gondok, batang pisang/pelepah pisang, jerami dan ampas tebu. Berikut ini cara membuat kertas karton dengan bahan kertas daur ulang dan bahan-bahan alternatif lainnya menggunakan satu paket Mesin Pengolah Limbah Kertas atau Mesin Daur Ulang Limbah Kertas yang terdiri dari Mesin bieter/holander, Mesin Cetak, Mesin Kalender dan Mesin Potong.

Mesin daur ulang kertas karton
Setelah sebelumnya kita membahas tentang macam-macam jenis mesin pengemas kali ini kita lanjutkan dengan membahas mengenai cara membuat kertas karton dengan mesin pengolah limbah kertas.

Pemilahan Jenis Kertas

Pada umumnya kertas bisa didaur ulang namun ada juga kertas yang tidak bisa didaur ulang, yaitu kertas yang mengandung lilin dan mengandung plastik. Contoh kertas ini adalah kertas glossy pada majalah, cover, kertas foto (glossy paper), dan berbagai kertas bertipe licin lainnya. Maka, pisahkan kertas jenis ini dari kertas lainnya yang dapat didaur ulang, seperti kertas koran, isi buku, dll. Untuk bahan alternatif seperti enceng gondok, batang pisang/pelepah pisang, jerami dan ampas tebu kita tidak perlu melakukan hal ini.

Persiapan Membuat Bubur Kertas/ Pulp

Dalam hal ini adalah kita membuat bubur kertas/ pulp siap cetak. Proses pembuatan pulp dilakukan oleh mesin holander/bietter. Cara kerja mesin ini adalah mencacah dan memisahkan serat dan lumpur siap cetak untuk selanjutnya dilakukan penambahan bahan perekat dan pengikat serat atau custom warna.

Mencetak Kertas Karton

Setelah bubur kertas siap, proses selanjutnya adalah mencetak kertas yang dikerjakan di mesin cetak  Cara kerja mesin ini dengan membawa bubur kertas melaluifelt/wire screen selanjutnya dipress dengan roll untuk memisahkan air dan bubur bahan pembuat kertas karton.

Proses Pengeringan Lembaran Karton

Karton dalam bentuk lembaran hasil cetak di mesin cetak, selanjutnya dikeringkan/ dijemur di lahan pengeringan dengan bantuan panas sinar matahari. Proses pengeringan ini bisa juga dengan memanfaat uap panas yang terkontrol atau dengan sistem kabine sebagai solusi keterbatasan lahan pengeringan.

Proses perataan Karton

Proses selanjutnya setelah penjemuran/ pengeringan lembaran kertas yaitu meratakan permukaan kertas. Proses ini dikerjakan di mesin yang biasa disebut mesin kalender/Callendar. Mesin kalender melakukan pressing pada permukaan karton sehinggga menjadi rata. Setelah dirasa cukup padat dan lurus/rata selanjutnya proses finishing di mesin pemotong kertas.

Memotong Karton

Memotong kertas hasil olahan biasanya disesuaikan dengan ukuran yang diinginkan atau sesuai dengan spesifikasi tertentu sesuai dengan pesanan pemesan atau pelaku kerajinan. Selain itu proses pemotongan juga dimaksudkan untuk merapikan sisi pinggir dari lembaran kertas.
Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
Anonim

Berbagi sedikit informasi tentang mesin-mesin dan alat-alat pendukung wirausaha. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
Copyright © 2013-2017. trendmesin - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger